Jobdesk Sebagai Staff EDP Di Indomaret

Asalamualaikum Wr. Wb
 
Di sini saya akan menjelaskan sedikit tentang Jobdesk sebagai staff EDP di Indomaret.
Mungkin banyak dari kalian yang ingin bekerja di indomaret sebagai EDP dan bertanya-tanya apa saja jobdesk jadi Edp Di indomaret di sini akan saya jelaskan 

APA ITU EDP?

EDP masih merupakan bagian dari IT yang kepanjangan nya adalah Entry Data Processing, secara umum tugas dari EDP adalah melakukan entry data (input dan mengeluarkan data)
 
STAFF EDP DI INDOMARET
 
Tugas Edp di Indomaret sendiri terbagi menjadi 4 bagian yang sebagai berikut:
1. EDP MAINTENANCE/LAPANGAN
2. EDP NETWORK/KONEKSI
3. EDP AWHOST
4. EDP REPORTING

Dari 4 bagian edp di atas tugas dan tanggung jawab nya tentu berbeda, di sini saya akan menjelaskan satu persatu

1. EDP MAINTENANCE/LAPANGAN

Tugas dan tanggung jawab sebagai edp lapangan adalah 

  • memperbaiki komponen pada komputer jika terdapat kendala dengan komputer, seperti komputer mati dan lain sebagainya
  • Melakukan install windows jika salah satu toko terdapat kendala tidak bisa booting windows akibat virus atau kerusakan pada system nya
  • Melakukan pemasangan perlengkapan komputer yang berada di area kasir, contoh ada opening toko baru maka yang melakukan pemasangan dari edp lapangan seperti set komputer dan setting program pendukungnya, melakukan pemasangan dan setting printer, setting ip dengan ip yg sudah di berikan oleh bagian office nanti, dan juga melakukan perapihan kabel di area kasiran baik itu kabel jaringan atau kabel komputer.

2. EDP NETWORK/KONEKSI

tugas dan tanggung jawab sebagai edp network ini lebih terfokus dengan jaringan atau koneksi, baik itu koneksi pada toko atau koneksi pada server, contoh jika salah satu toko terdapat kendala tidak bisa akses ke salah 1 server yang ada maka itu tugas nya dari edp network untuk melakukan pengecekan dan perbaikan, dan masih banyak lagi tugas dari edp network yg berhubungan dengan koneksi tapi di sini saya hanya bisa memberikan satu contoh saja

3. EDP AWHOST

Tugas dan tanggung jawab dari edp awhost ini adalah menjaga data toko/database dan melakukan update data, selain menjaga data toko, edp awhost juga sebagai support call center dari team toko jika program di toko terdapat kendala error program atau bug, sebagai contoh toko A mengalami kendala dengan program kasiran error maka team toko akan membuat complain atau menghubungi ke edp awhost ini, setelah complain di terima edp awhost dengan segera melakukan perbaikan pada program tersebut, dan masih banyak lagi tugas nya di sini tidak bisa saya sebutkan semua 

4. EDP REPORTING

Dari 3 devisi edp yg sudah saya jelaskan edp reporting ini lah yang tugas dan tanggung jawab yg paling besar, karna edp reporting bertugas memeriksa data penjualan toko yang pasti nya berhubungan dengan dan berhubungan dengan bagian finance jika terdapat selisih sedikit saja edp reporting ini wajib mencari atau melacak penyebab data selisih karna apa, edp reporting ini akan di buat pusing pada  saat akhir dan awal karna memeriksa data bulanan toko satu persatu tanpa ada selisih data, tugas dari edp reporting ini paling sedikit tapi bagian ini yang paling menguras otak, hehe 

Jadi itu tugas dan tanggung jawab dari masing-masing edp saya tidak bisa menjelaskan semua secara detail karna terlalu panjang jadi saya hanya menjelaskan tugas-tugas inti nya saja,

Jadi jika kalian ingin melamar sebagai staff edp itu minimal kalian harus paham tentang komputer, dan pasti nya perusahaan mencari yang lulusan TKJ dan paham dasar komputer untuk jadi EDP, dan beruntung lah kalian yang sudah di terima sebagai edp yang hanya lulusan SMK, karna selain kalian bekerja untuk mencari uang kalian juga mendapatkan banyak ilmu yg dimana ilmu itu tidak pernah di ajarkan di sekolah SMK, bahkan saya pun pernah kuliah sampai D3 bidang management informatika itu tidak ada pelajaran nya, mungkin di level sarjana baru ada pelajaran seperti yg kalian dapat di edp, jangan sia-sia kan jika suatu saat kalian di terima sebagai edp, belajar dan gali ilmu nya sampai kalian bisa menguasai ilmu tersebut, hehe jadi sedikit ceramah terbawa suasana ketik artikel ini

Okelah jadi cuma itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat, dan saya minta maaf jika ada kesalahan dalam bahasa atau pengetikan saya yang gak bisa di pahami


Wasalamualaikum Wr. wb

1 Comments

  1. mantep gan, ane tertarik sama thread yg agan publish di kaskus sampe nyampe di blogspot, kenalin ane rai, kebetulan juga ane baru kerja di idm, cuma sayang nya ane kerja jadi scb, setelah kerja kisaran 5 bulanan, ane jadi tau kalo ada divisi lain yg ternyata bikin ane tertarik, dan kebetulan juga basic sekolah ane itu smk tkj, yg bikin ane makin percaya diri kalo soal hardware pc ane ada dibidangnya, jadi ane pengen ikut nanya nih, semisalkan kalo ane pengen pindah divisi itu gimana ya caranya dari toko pindah ke edp, atau mungkin agan pernah denger ada kasus yg dari toko pindah ke edp, barangkali ada pencerahannya gan

    terimakasih.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post