Pengalaman Bekerja Di Indomaret Sebagai EDP Lapangan

Asalamulaikum Wr.Wb 
 
Hallo Perkenalkan nama saya M Irsyad Maulana, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya bekerja di PT INDOMARCO PRISMATAMA sebagai IT EDP Lapangan. 
 
saya bekerja di INDOMARCO PRISMATAMA sejak September 2015 sampai sekarang bekerja sebagai anak lapangan. Banyak pengalaman yang saya dapatkan dari susah senang suka maupun duka, Awal saya bekerja di INDOMARCO PRISMATAMA saya banyak mengalami masa-masa kesulitan dari pekerjaan maupun area
Kesulitan dalam pekerja saya belum memahami pekerjaan yang harus saya kerjakan sebagai EDP, pengalaman training saya mengikuti senior saya berkeliling kesana dan kesini selama dua minggu, selanjutnya setelah dua minggu saya jalan ke area sendiri tanpa di dampingi oleh senior saya, di situ pertama kalinya saya mengalami kesulitan.
Hari itu saya di tugaskan oleh atasan untuk mendatangi toko IDM NATAR 2 dengan masalah yang cukup berat, saya mulai berkerja dari jam 08:00 WIB dengan melakukan install ulang windows pada komputer IDM NATAR 2, setelah saya install ulang windows ternyata masalah masih belum terpecahkan, saya mulai kebingungan tapi penasaran, hehehe maklum masih polos belum mengerti apa-apa. next!!!
Karena saya merasa penasaran tapi kebingungan saya putuskan untuk mencoba install windows kembali ternyata hasilnya pun sama, saya tidak tau lagi harus melalukan hal apa, saya putuskan untuk menghubungi senior dan bertanya kepada senior saya, dan sayapun menuruti perintah dari senior dan alhamdulillah berkat bantuan senior saya via telpon masalah terpecahkan,
Kemudian ke esokan hari dan seterusnya saya menjalani hari-hari saya di lapangan dengan menyenangkan dan penuh pengalaman, tanpa saya sadari seiring berjalan nya waktu saya semakin banyak mendapatkan ilmu dan sudah tidak terlalu banyak bertanya kepada senior, hehehe mulai pinter dikit 😀. Setelah lima bulan saya menjalanin pekerjaan lapangan di area bandar lampung, saya di pindah tugaskan area ke LAMPUNG TENGAH, awal nya saya mengeluh di tugas di sana, saya merasa takut dan tak punya siapa-siapa, tapi setelah satu bulan di sana saya mulai beradaptasi dan mulai mendapatkan teman, hehe sangat sedih ya, banyak pengalaman yang saya dapatkan di LAMPUNG TENGAH , dari MANIS maupun PAIT. tapi di sanalah saya mendapakan pengalaman yang sesungguhnya, pengalaman yang luar biasa yang belum pernah saya dapatkan sebelum nya, dan keluhan sayapun hilang 😀
Baiklah saya akan menjelaskan tentang EDP Lapangan.

EDP lapangan adalah seru nya kita berjalan”, mendapat hal baru, teman baru tentunya saat di toko, pulang cepat jika kerjaan udah kelarnya cepat, dan kerjanya cuma pasang komputer, tidak enaknya di lapangan adalah sewaktu di perjalanan lelah, panas panasan kalau lagi panas, kehujanan saat hujan, dan tentunya kecelakaan harus di perhatikan sekali.

EDP (Entry Data Processing). Staff EDP bertugas melakukan entry data (memasukkan/menginput dan mengeluarkan). Misal, kamu kerja EDP di bagian penjualan, maka setiap ada penjualan kamu lah yang memasukkan data penjualannya, jumlah penjualan, total rupiahnya, costumer dan lain2. Dan setiap periode tertentu, kamu bikin report penjualan, biasanya setiap akhir bulan. EDP merupakan bagian dari IT, kepanjangan dari singkatan Electronic Data Processing, dimana tugasnya sebatas melakukan proses Sistem Informasi ataupun Transaksi Informasi sesuai Policy Manajemen pada suatu perusahaanTugas dan tanggung jawab staff EDP meliputi beberapa hal di bawah ini :
  1. Hardware: merakit, troubleshoot, minta penawaran harga, beli peripheral.
  2. Software: instal, maintenance, dan update.
  3. Jaringan: merancang, memasang kabel, bikin server, pasang koneksi internet,   maintenance jaringan intranet/internet n server.
  4. Sistem Informasi: menganalisa sistem, bikin situs, hosting, admin web, milis, editorial Internet.
  5. Kebijakan Pengembangan: merancang program pengembangan, presentasi, survei.
  6. Pengembangan SDM: memberi pelatihan, bikin panduan.
  7. Administrasi: laporan pertanggungjawaban, operator web.
Tanggung jawab :
  1. Menyampaikan informasi dan laporan yang baik serta tepat waktu untuk kebutuhan internal maupun kebutuhan eksternal Unit kerja yang bersifat rutin dan insidentil.
  2. Mengembangkan, memonitoring dan memastikan proyek-proyek IT strategis telah sejalan dengan organisasi bisnis.

Mungkin itulah pengalaman saya yang bisa saya ceritakan tentang Pengalaman, Tugas dan Tanggung jawab sebagai EDP LAPANGAN. 

Sekian dan Terima. 

Wasalamualaikum Wr.Wb

3 Comments

  1. Mau tanya gan itu untuk jam kerjanya apa sama d sift kaya bagian toko?

    ReplyDelete
  2. Kalo bagian maintenance komputer (MK) itu sama apa gak ya sama EDP?

    ReplyDelete
  3. terima kasih, untuk berbagi pengalamannya, gan

    ReplyDelete
Previous Post Next Post